CATAT DAN BACA DALAM BUKU IPS KALIAN YA!
GUNAKAN WAKTU TERBAIKMU UNTUK BELAJAR. TETAP SEMANGAT.
KISI SAS IPS KELAS IX SMP BILINGUAL TERPADU
Tujuan Pembelajaran |
SUB-TP |
KONTEN / MATERI |
INDIKATOR SOAL |
Dapat
menjelaskan dinamika perubahan sosial, modernisasi, globalisasi dan dampaknya
terhadap kehidupan masyarakat |
Menjelaskan perubahan sosial |
Perubahan sosial |
Disajikan contoh perubahan peserta didik dapat menjelaskan proses
perubahan yang terjadi |
Disajikan contoh perubahan social peserta didik dapat menjelaskan
penyebab perubahan sosial |
|||
Disajikan contoh perubahan peserta didik dapat menentukan bidang
perubahan sosial |
|||
Menjelaskan dampak positif dan negative perubahan sosial |
Dampak perubahan social |
Disajikan pernyataan perubahan teknologi komunikasi peserta didik dapat
menjelaskan dampak negative perubahan sosial |
|
Disajikan pernyataan perubahan social di Masyarakat peserta didik dapat
menjelaskan dampak negative perubahan sosial |
|||
Disajikan pernyataan perubahan social di Masyarakat peserta didik dapat
menjelaskan dampak negative perubahan sosial |
|||
Modernisasi |
Modernisasi |
Disajikan fenomena di sosial Masyarakat peserta didik dapat
menjelasakan dampak modernisasi |
|
Disajikan pernyataan tentang modernisasi peserta didik dapat
menjelaskan manfaat modernisasi |
|||
Disajikan pernyataan tentang modernisasi teknologi peserta didik dapat
menjelaskan dampak positif modernisasi |
|||
Globalisasi |
Globalisasi |
Disajikan pernyataan globalisasi peserta didik dapat menjelaskan dampak
negatif globalisasi |
|
Disajikan pernyataan globalisasi budaya peserta didik dapat
menjelasakan dampak globalisasi budaya |
|||
Disajikan pernyataan peserta didik dapat menjelaskan dampak positif
globalisasi bagi perekonomian Indonesia |
|||
Kearifan lokal |
Kearifan lokal |
Disajikancerita tentang upacara nyadran Masyarakat Jawa peserta didik
dapat menjelaskan manfaat Nyadran bagi masyarakat |
|
Disajikan contoh budaya kearifan local di jawa peserta didik dapat
menjelaskan makna kearifan lokal |
|||
Disajikan kearifan local budya wayang kulit peserta didik dapat
menjelaskan makna kearifan lokal |
|||
Dapat
menganalisis network society(interaksi ekonomi masyarakat dunia) |
Menganalisis uang dan lembaga keuangan |
Uang dan Lembaga keuangan |
Disajikan contoh uang digital peserta didik dapat menjelaskan keuntungan
uang digital |
Disajikan pernyataan tentang bank peserta didik dapat menjelaskan
fungsi bank |
|||
Disajikan pernyataan tentang Lembaga keuangan bukan bank peserta didik
dapat membedakan bank dan Lembaga keuangan bukan bank |
|||
Menjelaskan network society |
Network society |
Disajikan pernyataan tentang network society peserta didik dapat
menjelasakan karakteristik network society |
|
Disajikan pernyataan ahli sosiologi tentang masyarakat jaringan peserta
didik dapat menjelaskan factor masyarakat jaringan |
|||
Disajikan pengaruh cmedia social di amsyarakat peserta didik dapat
menjelaskan tantangan dalam mayarakat jaringan |
|||
Menjelaskan tentang ekonomi era digital |
Transaksi digital |
Disajikan proses transaksi digital peserta didik dapat menjelaskan
keuntungan menggunakan transaksi digital |
|
Disajikan pernyataan tentang took online peserta didik dapat
menjelaskan fungsi Qris dalam transaksi digital |
|||
Disajikan tentang proses keamanan transaksi digital peserta didik dapat
menyebutkan Langkah meningkatkan keamanan digital |
|||
Dapat
menceritakan secara lisan dan tertulis tentang sejarah kemerdekaan, dan era
reformasi Indonesia |
Menjelaskan sejarah orde kemerdekaan,orde baru dan reformasi |
Sejarah kemerdekaan hingga reformasi Indonesia |
Disajikan Sejarah kemerdekaan Indonesia peserta didik dapat menjelaskan
tentang proklamasi kemerdekaan |
Disajikan sejarah orde baru peserta didik dapat menjelaskan factor
penyebab orde baru runtuh |
|||
Disajikan Sejarah reformasi peserta didik dapat menyimpulkan tentang
orde reformasi |
|||
Menjelaskan potensi kekayaan alam Indonesia |
Potensi kekayaan alam Indonesia |
Disajikan pernyataan tentang potensi alam Indonesia peserta didik dapat
menjelaskan potensi hasil tambang energi potensial Indonesia |
|
Disajikan pernyataan tentang potensi alam Indonesia peserta didik dapat
menjelaskan komoditas pertanian Indonesia yang di ekspor |
|||
Disajikan pernyataan tentang potensi laut Indonesia peserta didik dapat
menjelaskan potensi kekayaan alam Indonesia |
|||
Dapat
menjelaskan tujuan program SDGs pembangunan berkelanjutan di Indonesia |
Menjelaskan bentuk-bentuk kerjasama internasional |
Bentuk Kerjasama Internasional |
Disajikan pernyataan tentang Kerjasama internasional peserta didik
dapat menjelaskan bentuk kerjasama |
Disajikan contoh Kerjasama internasional bidang lingkungan hidup
peserta didik dapat |
|||
Disajikan pernyataan tentang Kerjasama international bidang kesehatan
peserta didik menjelaskan peran WHO |
|||
Menjelaskan tujuan pembangunan berkelanjutan |
Pembangunan berkelanjutan SDGs |
Disajikan pernyataan tentang Pembangunan berkelanjutan peserta didik
dapat menjelaskan tujuan Pembangunan berkelanjutan |
|
Disajikan contoh implementasi Pembangunan berkelanjutan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar